Salah Konsumen

Ada yang pernah nonton acara Extreme Couponing ga di TLC? Reality show dimana para ibu-ibu bahkan bapak-bapak memanfaatkan kupon diskon dan memasang strategi sehingga bisa mendapatkan bahan kebutuhan pokok atau barang-barang belanjaan dengan diskon besar atau tak jarang bisa sampai gratis. Yang saya lihat sih enaknya sepertinya barang tersebut bukannlah barang yang segera akan sudah mau expire (haha.. coba lihat pemakaaian kata saya yang tidak efiisien dikarenakan inilah trik buang barang yang dilakukan di negara kita) dan kadang-kadang di satu barang boleh untuk dua promo. Saya ga tahu deh apakah promo kupon tersebut mempunyai bintang-bintang yang dicetak dengan font size ukuran 7.5 biar yang ukuran mata minus ga kebaca.

Tricky. Ya, begitu rendahnya perlindungan konsumen di sini sehingga cenderung kita harus sepintar mungkin melindungi diri kita sendiri. Bahkan apabila yang salah itu bukan konsumen tetapi tokonya, tetap saja kita yang akan dirugikan. Harus antri ke bagian customer service dan melakukan proses refund dan mengisi form serta tanda tangan dsb., dsb. Belum lagi harus membaca extra hati hati untuk syarat dan ketentuan yang berlaku untuk suatu promo.

Contoh nih ya kejadian. Bodo ah, nama yang bersangkutan ga usah disamarkan deh soalnya menurut saya sudah keterlaluan. Moga-moga ada yang baca dan bisa disampaikan.

20120723-144104.jpg

Nah, ga ada yang salah dong kalau saya kemudian berbelanja terutama di hari Senin dan Jumat dimana ada tulisan ALL CATEGORY kemudian memilih hari selasa kalau ingin berbelanja di Car4. Tapi saya juga bingung kalau lihat tagihan karena tidak ada informasi point. Telepon dong ke CS nya buat tahu informasi point. Dan mau tahu jawabannya apa?

Maaf Bu, point hanya berlaku untuk kartu tipe PLATINUM!

Coba deh saya minta pembaca untuk zoom gambar di atas dan cari kata-kata tersebut di T&C nya. Kalau dapat, saya kasih vocer Hagen Daz 50rb (beneran ga bohong). Terus apa dong yang dilakukan?

Kami minta maaf atas kesalahan tersebut dan akan dikoreksi di buletin bulan depan.

WTH! Bahkan di belakang katalog ada tulisan bagaimana untuk redeem point tanpa ada tulisan itu berlaku untuk kartu jenis apa.

So guys, kalaupun sudah berhati-hati dan ga bodoh lagi seperti ini tapi masih bisa dikibuli dengan kata MAAF. ke siapa lagi kita sebagai konsumen harus mengadu? – jangan saranin twitter ya karena nampaknya twitter indonesia hanya untuk promosi dan RT complement saja 🙂

8 thoughts on “Salah Konsumen

  1. halo salam kenal.. mau numpang komen ah..

    promo kartu kredit kita memang suka gak jelas. dulu saya pernah makan di L**tle P**ang pake kartu C*MB karena tergiur diskon 30%. ternyata pas selesai makan diinfo kalo itu berlaku untuk kartu diatas gold sedangkan kartu saya silver. Dan di banner depannya gak tertulis T&C jenis kartu apa yg bisa dipakai. karena kapok saya sering tanya dulu ini promonya untuk kartu jenis apa aja. Kalo gak sesuai sama kartu saya ya saya gak jadi makan hihihihi..

  2. wah ci… pasti byk yg kecele tuh

    btw thx ya konsultasinya hehe… satu lg prtanyaan blm dijwb tu hiks..
    sibuk ya ngurusin baby J?
    critain dong ttg charm setelah dia pny adik…

    🙂

  3. Di Indo kayaknya konsumen kudu bener2 ati 2 ya. Kemaren pas gw mudik, tiap belanja ama bonyok, gitu selese bayar kudu lgs diperhatikan struknya. Eh pas sekali waktu nyokap cepet2 jd gga liat struknya, lha, ternyata ada satu barang yg dicharge dua kali. Kalau di Amrik sini, kita bisa nelpon dari rumah dan pasti dikasih credit next time kita belanja tapi kalau di Indo mah Good Luck deh.

  4. Pengalaman gw komplen via twitter:

    JNE — gak ngaruh, malah tambah ribet
    Dapur cokelat — dapet seloyang rainbow 10×20
    Gramedia — gak ngaruh

    Lain2 blm pernah sih, jangan sampe dah… So far sih dapur cokelat paling bagus den.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.