Ide menu untuk anak alergi

Hmm.. setelah diceritakan di posting sebelumnya, makan buat Charm emang susah-susah gampang sih. Yang pasti dia ga bisa makan sembarangan, karena akibatnya langsung ke kulit tuh. Puji Tuhan, ke kulit, soalnya ada bayi yg kalo ga cocok, efeknya ke diare, or ke batuk pilek yg ga sembuh-sembuh.

Nah, dari Charm dah mau makan, gw dah rajin tuh ikut milis MPASIRUMAHAN, yang ngajarin gimana bikin makan sehat buat anak. Terus dari situ juga sering baca website wholesomebabyfood.com yang berisikan informasi tentang berbagai makanan.
Berikut ini adalah pantangan makan Charm : telor, seafood, kacang (kecuali kedelai), dan susu sapi. Untuk itulah kalau mau membuat menu harus menghindari bahan-bahan berikut.

Berikut ini adalah tahap makan Charmaine dan sesuai dengan anjuran para ahli, saat yang tepat untuk memulai makan adalah setelah si bayi berusia 6 bulan.

REMINDER: Apa yang cocok bagi anak saya belum tentu cocok buat anak Anda! Sangat penting dengan 4 days wait rule dimana makanan yang sama dicobakan ke anak untuk melihat apakah ada reaksi alergi atau tidak.

* Buah – Yup, untuk pertama Charm gw kenalin dengan buah dahulu, karena baca kiri kanan, pisang adalah buah yang jarang menimbulkan reaksi alergi, setelah itu apel n pir. Buah lain juga gw cobain tp anak gw ga gitu cocok n doyan.

* Gasol – Penyelamat bangsa karena disajikan dengan cepat dan bisa diterima oleh anak gw. Gasol adalah tepung beras organik. Biasa gw pake tepung beras merah wangi n beras coklat. Cara pesan gampang, tinggal search di google dan ada blog-blog ibu2 yang menjual gasol kok. Tapi kalau ingin mencoba dan beli 1 kotak dulu, Gasol ada di (yg gw tahu yah) Kemchicks PP, Grandlucky SCBD, Semua Total Fresh. Harga lebih mahal hampir 5000 dari pada pesen di blog.
Nah, setelah gasol lulus baru tuh gasol gw variasikan dgn pisang, pir n apel. Semua dihitung per 4 hari ya Bu.

Pas 6 bulan minggu 1 dan 2, Charm makan 1 kali bubur gasol, 1 kali buah trus di minggu 3 dan 4, Charm makan 2 kali gasol dan 1 kali buah. Waktunya disesuaikan dengan kondisi hati bayi jadi dia jg ga trauma liat sendok. Puji Tuhan lagi, anak gw gampang makan tapi ada saatnya susah. Semua itu kayak pasang surut kok.

Pas 7 bulan gw variasiin dengan havermut dan cocok juga. Terus gw kasih roti, roti tongkat yang pentungan itu lho. cocok juga. Terus semua dah cocok, gw kasih kaldu ayam. Nah, yang ini agak repot soalnya baunya kan rada-rada amis gitu yah. tapi lama-lama dia mau jg kok.

Pas 8 bulan, gw mulai kasih sayur. Ada yang bilang juga sih mending kenalin sayur dulu baru buah, tapi baca di website katanya sayur hijau ga boleh, wortel bikin kuning, brokoli ada gas, bayam juga blm bisa deh. Aduh pusing. Kayaknya kabocha boleh nih, tp ya ampun, anak gw langsung merah makan ini. hahaha.. ya udah lah berdoa saja. Puji Tuhan, anak gw mau lagi.

Pas 9 bulan, makannya dah 3 kali tuh, pagi variasi gasol/havermut/roti + buah. Terus siang ama sore bubur+ayam+sayur.

TIPS : Sebagai working mom, aku punya trik sendiri yg didapat dari ibu-ibu milist. Yaitu 1 minggu sekali gw bakal nyediain waktu bikin instant food ala rumahan. Yaitu, buah (apel n pir) dikukus terus diblender terus dimasukin ke kantong yg ada ziplock (yg kaya tukang mie bungkus cabe) terus dibekui deh. Ayam sama kaldu juga begitu. Jadi gw punya stok buah, ayam giling, n kaldu yang cukup untuk 1 minggu itu. Malam sebelumnya diturunin terus paginya tinggal dipanaskan. Mbanya tinggal masak gasol/havermut/roti terus kalau buahnya udah panas, campurin deh ke bubur. Tapi kalau sayuran ga pernah aku bekuin soalnya kan masaknya gampang, wortel tinggal parut, brokoli tinggal dibejek, sayuran tinggal iris-iris tipis.

PENTING: Makanan anak jgn dikasih gula dan garam di tahun pertamanya karena bayi sama sekali belum berkembang indra perasanya. Garam hanya akan memperberat kerja ginjal dan gula juga tidak bagus untuk anak. Ijinkan anak untuk mengenal rasa asli dari makanan itu sendiri. Bumbu-bumbu dapur (bawang, salam, lengkoas, sereh) aku perkenalkan saat membuat kaldu untuk membuat harum kuah, dan tidak untuk dimakan jadi dicemplung aja terus ntar disaring.

Berikutnya sampai 1 tahun, menunya sama. Yang berubah adalah tekstur nasinya, dari bubur ke nasi tim, dan sekarang dah bisa nasi lembek. Lauknya sih kurang lebih masih sama.

Berikut adalah contoh menu yang gw bikin buat Charmaine setelah 1 tahun karena banyak item yg gw tahu bisa diterima anak gw dan gw sudah berani kenalin bumbu ke dia, tapi tetap dengan kadar gula, garam n lada yang sedikitttttttttttttttt sekali.

SENIN
Pagi: Gasol + Apel
Siang/Malam : Nasi merah lembek, Ayam tumis mentega + jahe + bawang putih, Sup kaldu+wortel+brokoli

SELASA
Pagi: Havermut + Pir
Siang/Malam: Nasi merah lembek, Burger Tahu, Sup kaldu+bayam+jagung manis parut

RABU
Pagi: Gasol+Pisang+Alpukat
Siang/Malam: Nasi merah lembek, Sup kaldu+wortel+brokoli, Bakso tahu mami

KAMIS
Pagi: Havermut+Pir
Siang/Malam: Nasi merah lembek, Sup ayam apel wortel

JUMAT
Pagi: Gasol+Apel
Siang/Malam: Nasi merah lembek, Ayam tumis mentega + jahe + bawang putih, Sup kaldu+wortel+brokoli

Nah, sangat penting tuh untuk membuat homemade instan food kayak bakso, nugget, pepes tahu or burger. Jadi, gw bikin di hari minggu terus di hari gw kerja, pembokat tinggal turunin terus dipanasin or digoreng pake margarin. Oiya, karena Charm alergi, gw ga pake butter tapi gw pake margarin Meadow Lea yang unsalted. Cocok tuh. Kadang-kadang gw pakein dia minyak Canola merk Mazola.

NOTE: Gw ga saklek 100% kok buat makanan rumahan ini, karena kan gw kan rajanya jalan, jadi kadang-kadang Charm gw ksh instan juga. Tapi yg namanya anak ga biasa sih yah, biasanya dia muntah, hehe. Jadi intinya : Mom’s cooking is the best!!

Bersambung. Next. Resep nugget, tahu, bakso, n dessert

Leave a Reply

Your email address will not be published.