Travelling Alternative

Suka travelling? Gag mau repot?? Itu gw banget. Paling orang mikir cara paling gampang yang ikut tur aja. Ikut tur pun kadang ada kendalanya. Jadwal belum begitu pasti karena harus mengumpulkan orang dulu buat kuota. Perginya pun harus pas high season dimana-mana isinya turis. Selain itu, harga high season pasti mahal banget deh. Ga bisa dengan leluasa pilih paket yg kita mau karena kok kayaknya travel company pasti maunya jualan paket yg komplit dan paling mahal. Kita maunya cuma ke Taiwan doang tapi ditawarin Taiwan+Korea or Taiwan+Jepang.

Pasti nanya dong, gimana buat ngakalinnya? Kalau saya sih memilih alternatif berikut ini:

1. Ikut suami tercinta, yang pencinta travelling juga, ahli survey, ganteng lagi. ^_^ Kalau ikut dia tenang deh hati dan jiwa. Tinggal ikut perintah aja, belok kiri, lurus, berhenti, liat atas, nyampe deh. Ada bonus lagi, diceritain sejarah bangunan or sejarah kota tersebut. Kalau pada mau ikut ke Eropa, silakan contact dia.

udah ah.. serius !!

2. Cari negara yang sudah maju transportasinya dan concern abis dengan pariwisata. Alternatif pertama ya Singapore or Hongkong. Di 2 negara ini, orang buta juga bisa jalan deh. Tinggal berbekal 1 lembar kartu MRT or Octopus siap deh keliling kota. Peta, informasi tempat semua sudah lengkap tersedia di airport.

3. Cari paket free n easy. Di paket ini sudah include airticket n hotel. Untuk jalan-jalan ya usaha sendiri atau cari lokal tur di negara tujuan. Dengan paket ini biasanya sih harganya bakal lebih murah dan anytime mau pergi bisa, ga usah tunggu kuota-kuotaan.

4. Cari paket tur dari Singapura. Ini favorit gw nih. Harga biasanya lebih murah, bisa bonus hari di Sing lagi. Tur yang biasa gw pake Chan Brothers, Misa Travel, or CTC Tour. Info paket di website kadang-kadang ga update. Gw saranin buat telepon langsung ke sana. Sekarang kan banyak tuh IDD Call yang murah-murah.  Enaknya pilih tur Sing selain harga murah, makan diprovide boo or sudah include di packet. Dan yang pasti makannya tuh enak-enak. Ga enaknya, ya tipikal tur lah seperti, waktu nya yg limited dan mostly kalian bakal dibawa ke tempat belanja yang ga penting gitu deh.

PENTING: Tanya nanti tur akan dibawakan dalam bahasa apa. Jangan-jangan nanti dalam Mandarin lagi. Kebengong-bengong deh.

5. Land Tour. Ini favorit gw juga nih. Jadi kalian beli tiket dari Jakarta terus sampai di tempat tujuan dijemput dan besoknya gabung deh sama rombongan yang sudah tiba 1 hari sebelumnya. Ini berhasil pas gw ke Taiwan. Tapi ya back to point 4, musti tahu bahasa nya apa. Karena kalo ke negara Cina gitu (P.R.C or Taiwan) pasti turnya nanti dalam Mandarin.

TIPS: Kalau ikutan land tur, usahakan untuk extend 1 hari buat jalan-jalan sendiri. Karena ikut tur itu sangat amat limited freedomnya.  Dengan extend sehari, kalian bakal punya kesempatan untuk explore hal-hal yang hanya diexplore dalam 1 jam saja saat ikut tur. Contoh: waktu ke Shilin Market Taiwan (pasar malam), kita hanya dikasih 1 jam doang padahal Shilin itu hampir 10x lipatnya ITC Mangdu (hiperbola deh …), jadi 1 jam itu ga bakal cukup. Jadi dengan extend 1 hari, kalian bisa explore deh market itu sepuas-puasnya. Pesan hotelnya sekalian waktu beli paket tur dari Singapura.

Hmmm … baru kepikiran sampai disini. Ntar diupdate deh kalo ada tips yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.