It’s Yulia not Julie or even Julia

Judul apalagi ini .. haha

Tiba-tiba terinspirasi dari film Julie and Julia. Ada yang pernah nonton? Ini adalah film yang sangat berarti bagi saya. Membuat saya memikirkannya berulang-ulang dan kagum akan kreativitas insan perfileman. Buat penggemar drama, masak dan blogging, ini adalah film yang kudu-wajib-harus nonton punya. Salah satu rama 2 jam 20 menit yang membuat saya tidak mengantuk.

220px-Julie_and_julia

Julia Child (Meryl Streep) adalah seorang homecook yang terobsesi dengan bagaimana memasak masakan Perancis dengan cara orang Amerika sementara Julie Powell (Amy Adams) adalah seorang penulis yang mencoba resep Julia kemudian menulis blog tentang pengalaman memasak dia (baik gagal atau sukses) ke blog. Film berjalan maju mundur ke jaman Julia dan Julie penuh dengan kelucuan dapur, ceritanya mengalir dan ringan. Sehabis riset untuk tulisan kali ini, Madam juga tahu bahwa ada seorang mahasiswa yang bikin project buat nonton film ini selama 365 hari (one full year) dan membuat 365 review blog setiap dia nonton film ini, blognya sendiri bernama lawrenceandjulieandjulia.com kocak juga.

Meski saya ga jago-jago banget masak dan membatasi diri buat makan tapi makanan itu kadang menjadi tempat pelepas stress yang paling ampuh. Iseng-iseng mulai browsing resep. Ngiler  liat bikinan si Maryna namun tau diri kemampuan cuma bikin brownies doang jadinya foto kue maryna cukuplah dipandang-pandang doang. Contohnya resep carrot cake sudah dipandang-pandang, dikeker kok kayaknya gampang ya, mulailah beli wortel buat dieksekusi tapi hari itu juga ada beli tape karena hari sebelumnya dikasih bolu tape keju seiris sama orang kantor yang uenak banget jadinya pengen bikin juga. Pikir punya pikir timbang punya timbang akhirnya eksekusi cake tape ajah (wortelnya akhirnya direbus). Dasar amatir, pas keluar dari oven, gosong  bok dengan bentuk keju yang ga jelas dan jadinya kata papi kue mami kudisan T_T Kudisan sih kudisan abis itu dia bikin kopi abisin 3 slices. ciee doyan ni yeee… Tapi selain gosong kue ini rekomen banget kok karena sangat lembut tidak terlalu manis dan ngeju banget. Next klo bikin kejunya mau saya masukin di adonan aja instead sebagai taburan.  Selalu ada hikmah di semua kegagalan dong 🙂

IMG_6152
S Gosong kok dipamer haha

 

Sabtu-Minggu adalah saat balas dendam karena hari biasa diet. Ini bukan sok-sok atau gengsi tapi demi menagih janji papi kalau mami dah langsing mau diajak pamer bikini di Marina Bay Sand. Karena janji inilah, madam rela buat skip dinner dan  siapa tau Papi tergerak hati buat nyobain onsen bug*l di Jepang (kan dah free visa kabarnya) — jauh benerrrrr —-Karena ada limit makan, kita harus diberi hikmat buat screening apa makanan yang ENAK dan ENAK BANGET (ketauan standard lidah deh), ada beberapa makanan yang bikin madam rela untuk ga makan supaya jam 9 bisa kabur sama papi ke Mangga Besar buat dijajal.

Kuetiau Jambi
Kuetiau Jambi

 

Perkenalkan kuetiau Jambi. Apa bedanya kuetiau Jambi sama seribu kuetiau yang bertebaran di Jakarta? Pertama yaa harus diperhatikan kalau kuahnya itu enak haha enaknya itu bukan kental sagu yang sticky pegimana tapi bisa dibikin kentalnya itu pas. Kuetiaunya bisa dibikin punya bau gosong. Isinya juga berlimpah, dari daging, pangsit ikan, udang, bakso trus dimakannya pake sambal cabe merah dan cuka hitam aduh aduh ngeces deh. Buat inilah saya rela berdosa.

Kenikmatan ini kadang diteruskan di Minggu siang abis dari gereja, kita cobain ini nih Mie Celor (Jambi) lagi haha. Benernya di Palembang juga ada mie celor tapi yang Jambi ini beda. Kalau bisa pake istilah ala Palembang itu mie celor buat karyawan yang ala Jambi ini mie celor buat VP haha..kenapa begitu. Mie celor ala jambi pake daging. Buat seseorang yang dilarang oleh PT makan mie, ini adalah dosa ternikmat yang rela ditebus dengan body combat di minggu sore dan senin siang.

Mie Celor VIP
Mie Celor VIP

 

Dan karena saya ini Yulia bukan Julie apalagi Julia mari kita masih bisa masak kok. Buat yang ga punya oven.. yang susah ngadon icing.. yang bikin bolu jadinya bantet ato yang males cetak cookies marilah kita mencoba resep yang satu ini

 

Bola Ubi Keju
Bola Ubi Keju

BOLA BOLA UBI KEJU

Bahan:
150 gram ubi jalar dikukus dihaluskan
150 gram tepung terigu (saya pke segitiga biru)
75 gram tepung tapioka
2 sdt baking powder (saya pake 1sdt)
1/4 sdt vanil bubuk (saya pake vanila cair)
1/2 sdt garam
150 gram gula halus
75 ml susu cair
100 gram keju (saya pake keju edam)
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat
masukin semuanya ke mangkok ulenin sampai rata, masukin susu sedikit sedikit sampai bisa dipulung. bulat-bulatkan pake sendok atau tangan langsung goreng.

Hahaa gampang kan! Yang penting bisa lulus QC dari si bocah satu ini.

 

ubi bola

Hidup Makan!! Have a nice day everyone 🙂

3 thoughts on “It’s Yulia not Julie or even Julia

  1. ah bola ubi g sukaaaaa *nti mama dateng suruh bikin ah*

    *apa sih masakan madam yang lo ga suka pits?*
    **ada yang g ga suka, klo disuruh bayar**

    wakakakakaka…

  2. yg terakhir itu aku banget… ga punya oven, ga tau gimana caranya ngadon icing, bikin brownis aja jadinya bantet hahahaha… aku mau coba ah resepnya… keliatannya gampang hehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published.