Si Mpok

Punya staff pantry favorit ga? Saya punya! Namanya Purwati, betawi asli, beken dengan nama Mpok Ipung. Sudah kurang lebih 9 tahun, saya kenal dirinya. Mpok Ipung mah heboh dengan latahnya. Suruh goyang dia goyang, suruh jongkok dia jongkok, apalagi kalo dipancing ama yang jorok macam perkataan :

Mpok Ipung suka di atas apa di bawah? (soalnya kantor gw ada 5 lantai, dan tiap 3 bulan mereka dirotasi)

Konotasi dia adalah: Atas ga enak! Capek! mending di bawah, tinggal terlentang! (sambil senyum-senyum mesum)

Enaknya Mba Ipung ini selain dia ga pernah sakit hati kalo dibercandain, dia juga cekatan, rapih, dan mengingat detil semua keperluan dapur. Jadi, kalau di lantai kita mau ada hajatan apa, kita tinggal kasih tahu maunya piring apa, sendok apa, meja yang mana, dsb.

Selain itu, Mba Ipung ini paling rajin dagang deh. Dagangan sepanjang musimnya dia adalah Indomie. Masaknya pake microwave. Pokoknya kalau dia lagi tugas di lantai saya, telepon pantry ga pernah berhenti-henti. Dan setiap saat mengambil minuman di pantry pasti bau yang tercium adalah bau Indomie. Kalau kata fansnya sih, indomienya katanya special lengkap dengan sawi, telor dan cabe rawit ulek. Mantapp. Emih kan ga bagus ya kalo makan tiap hari, makanya saya pesannya sekali seminggu, selebihnya malak punya temen saya (yang akrab) satu suap aja 😀 :D. Pernah saya liatin bener-bener bagaimana cara si Mpok masak emih sampe menit-menitnya dicatet, tetep aja hasilnya beda. Haha, mungkin pas ngaduk si Mpok pake goyang kali.

Kalau pas lebaran tiba, bisnis bertambah menjadi jualan kue kering, kacang mede, kacang Thailand, dsb. Mungkin sudah profesional kali yah, selama ini sih ga pernah melalaikan pekerjaan utamanya dikarenakan kerjaan sampingan ini.

Mba Ipung hobinya dangdutan lho. Kalau di kampung ada hajatan pasti si Mpok ini diundang. Malah dulu pas kantor ada acara idol-idolan, dia berani lho maju. Dan disaat yang lain menyanyikan lagu Josh Groban, Glenn, Kahitna, Alicia Keys, si Mpok dengan pede nyanyi “Mandi Kembang” lengkap dengan goyangnya. Di hadapan para VP lagi yang saat ini menjadi juri. Hebat deh doi.

Si Mpok juga daya ingatnya kuat. Dia inget kalau saya sukanya minum air panas, dia inget kalau Mba Dewie maunya teh manis, dia inget kalau bos yang sana maunya kopi pahit tanpa gula, semua diingat detil dan tidak pernah salah. Jadi kalau suatu hari saya pernah menemukan gelas saya diisi air es sedetik itu juga saya tahu bahwa Mpok Ipung telah dirotasi.

Suatu hari saya pernah liat si Mpok sedih, pasti saya tanyain dia kenapa. Dia bilang sedih anaknya ada 2 laki semua. Anak yang paling gede ga mau sekolah. Sekarang dah DO. Anaknya karena pergaulan sekarang suka ngetrek. Terakhir masuk penjara karena nabrak motor polisi. Si Mpok Ipung akhirnya mengeluarkan uang damai 3 juta biar anaknya bisa keluar. Katanya sih sekarang sudah mendingan tapi tetap ga mau tamatin sekolahnya dan memilih untuk bekerja di bengkel biar nanti bisa buka bengkel sendiri. Sedih deh dengernya. Apalagi si anak ga tau kalau ibunya mengumpulkan receh demi receh buat keluarga.

Kalau nanti ada pemilihan pantry favorit, mohon dukungannya untuk vote dengan ketik Pantry [spasi] IPUNG kirim ke 0101 hihihi.. Ini staff favorit saya, siapa staff favorit Anda?

16 thoughts on “Si Mpok

  1. hahaa.. mpok.. mpok.. kayanya ga seru ya kalo si mpok ipung ga ada..

    di kantor ga ada yg gw paporit-in soalnya mpok2nya terbiasa terima komisi jadi mau minta tolong apa2 kudu sedia duit..

  2. waduh.. staff fav, saat ini sih ga ada wakakaka…
    tapi g juga pernah ada tuh temen kerja di kantor lama, orang betawi asik juga, namanya mpok munel wakaka.. orang asli lucu, jujur lucu banget dah! pengen narik dia buat gawe, tapi ga tau gawe apaan yah ?! soalnya dia jadi buruh gajinya lumayan gede sih! bonusnya itu lho! hahaha

  3. Yup, biar kata cuma indomie, beda org, beda hasil. Mbak gue jago bikin segala makanan bule, makanan cina dll. tapi kalo pgn makan indomie, mending dia jadi kandidat plg akhir dah….kagak enak, masaknya smp lodoh (= lembek pisan). udah dibilang berkali2 tetep aja.

    Di office gue gak ada mpok, adanya si mas. Yg plg mantep si Mas Epen. Gue suka karena orgnya resik banget. Kalo beliin makanan buat kita, gak pernah disajikan cuma bungkusannya ke kita. Jadi udah dibukain, udah disediain sendok garpunya.
    Kalo gue bawa bekal dari rumah, perlengkapan makan gue gak bakalan gue kasih org lain yg cuci. Abis pernah dicuci sm org lain, asal aja… msh lengket2 berminyak. Tp kalo sama si Mas Epen, selalu kinclong tuh.

  4. haha kalo waktu gw kerja di sg, gag ada staff pantry segalah xixixi
    pake sendiri ya cuci sendiri 🙂 malah kalo ada tamu, gelasnya kudu kita-kita juga nyang nyuciin 🙂

    1. iya anaknya cowok semua, kadang2 dia pengen punya anak cewek biar ada yg bantuin kerjaan rumah. kalo ga kayak sekarang dia bangun aja jam 4 pulang masih musti beberes. untuk itulah saya masih respect ternyata orang2 begini masih eksis, tidak pemalas dan hanya menjadi peminta.

  5. Baru mampir, komen borongan aaah:

    Mpok cakep loh, jadi staff admin atau purchasing juga cocok. Semoga keluarganya yang dinafkahi pada tau balas budi ya.

    Charm pinter yah, Dea tuh belum mau ditinggal sendiri loh kalau di gereja, jadi dia milih duduk mingkem sepanjang misa 1.5jam, daripada begajulan lompat-lompat di sunday school.

    Iya tuh Yul, kalo kos emang ada-ada ya ceritanya. Dulu kos temen gw juga ada yang suka klepto, tapi endingnya gak sampai digerebek gitu sih. Cuma gw liatnay ya lucu, kayak telur aja dinamain nama anak kos masing-masing, jadi kayak telur hias Paskah hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *