Uang Pas, please ….

Paling sebel kalau pagi pagi sudah buru-buru dan saat mau bayar taxi yang terjadi adalah tukang taxinya tidak ada kembalian. Padahal saya sudah cukup bermurah hati dengan memberikan kembalian yang lumayan. Misalnya argonya 26,500 saya kasih 50rb dan berharap kembali 20rb saja tetapi tetap saja, dijawab “Waduh baru keluar nih Bu!” Terus dari kantongnya, dia mengeluarkan uangnya yang 50rb dan 100rb. Setelah mempelajari habit ini, saat sudah di taxi saya pasti akan mengecek dompet dan bertanya ke tukang taxinya apakah ada kembalian atau tidak. Apabila kata-kata yang pertama adalah “Waduh bla bla bla” Saya akan siap-siap membongkar satu tas untuk mencari sisa sisa receh yang ada. Siap-siaplah kau tukang taxi apabila dibayar dengan recehan 500 dan 1000 (hahaha ketawa iblis).

Apa yang terjadi apabila sudah membongkar tas dan tidak menemukan receh atau receh tidak mencukupi? Saya akan mencoba mencari bala bantuan dari kantor. Ada satu sohib yang biasanya datangnya pagi untuk menghindari macet. Dan dengan kata-kata maut saya akan bilang “Ke halte dong bayarin taxi … benar-benar a friend in need is a friend indeed” Apalagi sohib ini selalu bersedia menghabiskan makanan percobaan saya.

Bagaimana, kalau sohib ini belum datang atau tidak bisa dihubungi? Biasanya sopirnya akan turun terus mencoba cari tukar di taxi yang mangkal di halte. Kalau sukur ketemu kalau tidak, sayapun yang turun tangan untuk menodong orang kantor yang kebetulan lewat untuk menukarkan atau meminjam dulu. Saya sempat terharu karena pada suatu hari ada Bule yang tadinya lagi merokok (dan tidak saya kenal) di lobby terus menghampiri saya di lobi dan bilang “I saw you from there and couldnt stand it. How much do you need?” Dikeluarkanlah receh dari sakunya dan dia menukarkan uang ke saya. Wow.. good man really exist! Bless you Sir!!

Anehnya, permasalahan uang pas ini kenapa tidak pernah saya temuin di taxi yang pernah saya naik di KL, Malacca, Singapur, Beijing, Shanghai atau Hongkong ya? Berapapun kembaliannya, sampai ke sen-sen nya, mereka pasti punya kembalian. Setahu saya mereka akan punya wadah koin receh begitu di samping kemudi dan siap mengembalikan kembalian tanpa berharap tips. Well, memang benar sih tarif taxinya lebih mahal dari sini tapi apakah itu penyebabnya? Jadi ingat ada uncle taxi KL yang ngajak ngobrol tapi ga penting segala macam diomongin. Dia bilang di Malay hidup tidak ada peningkatan. 10 tahun yg lalu pendapatan dia RM 3000 per bulan sekarang juga RM 3000 per bulan dan bilang lah pemerintahnya payah bla bla bla. Padahal kalau dikurs ada ga sopir taxi Indonesia dengan revenue 9 juta/bulan? Ga bisa apple to apple sih karena biaya hidupnya juga beda.

Lha kok jadi melantur? Btw, untuk mengantisipasi ini, saya sangat menyarankan kalian menukarkan uang receh setiap awal bulan. Ga harus baru sih asal aktivitas kita ga terhambat aja dan kita ga rugi karena kita tidak mendapatkan kembalian yang seharusnya menjadi hak kita. Have a nice day everyone ๐Ÿ™‚

22 thoughts on “Uang Pas, please ….

  1. gw tuker uang kalo pas mau sincia aja.. buat isi angpau hehee.. kalo rutin tuker uang tiap bulan kayanya bisa langganan ama bank yah?

  2. gw selalu sedia uang pas yul, dari 1000, 2000, 5000, 10000 sama 20rb. pengalaman anter clarissa pulang sklh nih dari tg duren hahaha…nukernya abis ferry drop clarissa di skul ke ancol naik tol selalu bayar pake 50rb jadi dpt kembalian receh…kalau di todong tukang tol ada uang pas blg kaga ada ๐Ÿ˜€ jadi setia[ awal bulan gw selalu dapet receh2 itu dari kembalian tol ๐Ÿ™‚

    tah krn itu taxi kita kaga sedia pdhl itu juga di kasih tips yah kalau supirnya baik kadang bukain pintu bantu angkut barang udah kaya supir pribadi, kalau supirnya biasa aja yah tip nya kaya pembulatan ratusan hahaha..

  3. hihihi…
    jadi inget pas dlu masih ngantor… sama bgt pengalamannya ๐Ÿ˜›

    emang bener ya ci, kita mesti selalu sedia uang receh dimanapun berada, di negeri tercinta ini.

    *halaaah*

  4. Wkwkwkk….kalo di dompet gue, biasanya lengkap tuh Yul. Urutan 50, 20, 10, 5 n seribuan. Jadi biasanya gue terhindar dari masalah ini.

    Malah kadang2 kalo ke pasar, pas gue msh milih2, ada org yg udah bayar n tukang sayur gak pny kembalian, gue akan talangin dulu, ntar dihitung ke belanjaan gue. Soalnya gue gak betah tuh kalo kasih uang gede trs ntar kembaliannya kucel2 bin bau. Jadi, biasa gue suka tuker2 uang kecil deh ke bank. Licin n wangi…. ๐Ÿ™‚

  5. bener banget, Yul,..
    gw kalau ke Indo, biasanya udah nyiapin duit cebanan agag banyak…sekalian buat tips keramas, cream bath, blow di salon ๐Ÿ™‚ kalo dikasih goban-goban mah rugi bandar….(kalau di sg, potong rambut gag ada istilah uang tips)

  6. jeung 10 tahun aye di jakarta ga pernah yang namanya naik taxi di kasih kembalian, mau pagi, siang, sore, malam jawaban tukang taxi ” waduh ga ada kembalian “, sama juga alesannya dengan jeung, di SG, bangkok, malay, naik taxi ga pernah tukang taxi bilang ga ada kembalian selalu ada tuh ^^
    emang taxi indo begini nich ๐Ÿ™‚

  7. sama kayak supermarket. rasanya juga cuma di indo yang supermarketnya gak punay uang kembalian lengkap trus diganti permen.
    disini sampe 1 cent juga pasti mereka punya kembaliannya…

  8. iya biasanya emang bayar taxi itu pembulatan goceng deh. padahal kan kita gak wajib kasih lebih mereka mestinya ada duit receh2, suka belagu emang tukang taxi, gua aja pernah kekurangan duit, gua bongkar dompet kasih receh2 trus dibuang loh di muka gua. kurang ajar emang itu orang, gak menghargai duit kecil gua sumpahin jadi tukang bajaj.

  9. Kalo gua naik taxi, mata gua liatin argo terus. kalo masih banyak duit, santai aja.
    Kalo duit pas-pasan, terpaksa berhenti di tengah jalan dan gua jalan kaki aja.
    hehehe

    pernah naik taxi kagak ada duit ke kantor, telp teman kantor ngutang trus si ob nungguin didepan buat kasih duit bayar taxi.

    gua jarang naik taxi yul, seringnya naik bajaj dan kalo nga ada duit buat bayar
    biasanya ngutang warung depan rumah atau teriak panggil pembantu buat
    bayarin ongkos bajaj gua. hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *