It’s Moon Cake time

Moon cake or kue bulan adalah satu dari sekian banyak tradisi Chinese yang banyak diikuti oleh the Chinese around the world. Banyak mitos dan legenda tentang asal mula tradisi Moon Cake, mungkin bisa dibaca di wiki atau site yang ini nih.

So far, inilah moon cake yang mampir ke kantor gw tahun ini.. (ke bos gw sih tapi karena saking banyaknya dikasih ke gw :D)

 

 

Macem-macem sih isi si cake ini. Gw sih ga gitu suka karens terlalu manis. Biasanya gw makan juga sama green tea yang pahit biar ga gitu enek. Kalau yang isinya mini seperti ini biasanya kuning telornya cuma 1 tapi ada lho yang kuning telornya sampe 2. Katanya sih biar lebih romantis makannya harus liat bulan gitu. Tapi kalo di apartemen, gw ga bisa liat bulan, bisanya liat kampung penduduk doang,  masih namanya makan moon cake ga tuh. hihi.

Isinya biasanya : sweet bean (red, mungbean), biji bunga teratai atau wu ren (5 tipe kacang-kacangan) tapi karena dunia kuliner itu imajinasinya sangat tinggi, ada kreasi-kreasi yang sangat unik juga lho seperti duren (percayalah a bite is more than enough 😀 karena selain duren masih ada yolk di tengahnya), pandan, nanas, talas, kacang, dsb. Gw sendiri suka yang wu ren karena ga gitu manis. Gw inget banget tuh dulu di Palembang, kue bulannya ada yang dari tepung beras terus dilukis gambar Chang Er (putri bulan) ada rabbitnya ada bulannya. Kalau mami gw mo motong gw pasti minta yang ada bulannya. Padahal ga ada rasa kuenya tapi namanya anak kecil seneng aja liat kue diwarna-warni begitu. Sayangnya di Jakarta ga ada lagi, gw coba search di google juga ga ada. Hu hu hu pengenn.

On my way ke Grogol kemaren ada papan iklan gede dari Haagen Daaz… Huahhhhhhhhhhh kepada temen-temen bosku yang baik hati siapa tahu dikau mampir ke blog ini dan mengenali diriku, tolong dong yang belum kasih moon cake ke bos tahun ini, saya minta dikasih yang ini aja ….. (ngiler)

Ice Cream Moon Cake by Hagen Daz

18 thoughts on “It’s Moon Cake time

  1. Gue juga pas di Spore, ngiler2 ngeliat berbagai jenis moon cake di fair di Takashimaya. Tapi ujung2nya gue beli yang lotus aja, yang yolk 1. Ada yang sampe 6 loh yolknya ! Gilaaaa…. Bisa brapa tuh kolesterol naek… pengen jg jadinya nyoba2in yang laen.

  2. wuih itu packingnya bagus2 baget ya, bikin ngiler aja kekekkeke
    Kemaren gw jg liat tuh promosi citibank yg haagen, sampe nelan ludah liatnya waakakkakaka

  3. hua22 g mau donk Yul yg mooncake ice cream Hagen Daz keren amat , yg ini g lo pernah dapet nih uhuyy
    moga2 kali ini dapet ah , coba g tereak2 ya sapa tau ada yg iba n ngasih ha22
    g baru dapet sekotak Yul dr tetangga , dr CNI pny , biasa aja . pdhl taun lalu g dapet juga macem2 n cakep2 bentuknya .
    ohh g menanti Hagen Daz mooncake , Yul lo kl dapet buat quiz aja ya ? hua22 kaburr g takut diketok ha222

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *